Belajar menulis karya ilmiah terbaik 2016

6 Feb 2016

Oke, kali ini gw akan share .. tentang “karya ilmiah” saya pernah search google tentang karya ilmiah, banyak bersebaran tutorialnya, namun banyak Sangat banyak yang menanyakan cara membuat karya ilmiah yang benar, ada yang berupa cara membuat karya ilmiah buat tugas, makalah, ada juga yang disuruh istri :ngakaks :ngakaks . Jadi karna banyak nya orang yang bertanya tentang karya ilmiah tetapi sangat sedikit penjelasaan yang ada mari kita cek dan ricek apa itu karya ilmiah..

Contoh karya ilmiah

Mulai dari pengertian : Karya ilmiah berdasarkan wikipedia, Karya ilmiah adalah Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.

Oke,skip udah pada ngerti kan apa itu karya ilmiah ? Sekarang kita bergerak menuju step selanjutnya tentang karya ilmiah, Lantas apa tujuan membuat karya ilmiah ?

Ada beberapa tujuan umum dalam penulisan karya ilmiah, antara lain untuk:
1.Menyampaikan gagasan,
2.Memenuhi tugas dalam studi,
3.Mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan,
4.Mengikuti perlombaan, serta Menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.

Nah udah tau tentang tujuan membuat karya ilmiah ini bukan ? next step mari kita bahas tentang kerangka dari karya ilmiah itu sendiri

Kerangka Karya Ilmiah (Proposal Penelitian) 

A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kerangka Teoretis
B. Kerangka Pemikiran
C. Hipotesis (jika ada)

BAB III METODE PENELITIAN
A. Populasi dan Sampel
B. Metode Pengumpulan Data
C. Instrumen Penelitian
D. Metode Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan BAB

V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan
B. Saran[/SPOILER]

Nah sekarang, anda sudah mendapatkan beberapa ilmu, apa itu karya ilmiah, tujuan membuat karya ilmiah, dan kerangka karya ilmiah. Nah untuk step step selanjutnya saya telah mendapatkan softcopy cara membuat karya ilmiah lengkap dengan benar dari seorang mahasiswa ipb.

Bagi yang berminat silahkan menuju link berikut ini :hccp://www5.zippyshare.com/v/ZngS0Kb1/file.html
password:www.pendidikann.info
Sumber:http://www.pendidikann.info/2012/11/contoh-kumpulan-karya-ilmiah-lengkap.html

Sekian saja semoga bermanfaat! dan mari berdiskusi :)


TAGS test karyailmiah contoh karya ilmiah


-

Analisa Forex Hari Ini

Follow Me